Cara Membesarkan Ayam Bangkok

cara-membesarkan-ayam-bangkok

Banyak orang bertanya-tanya, gimana sih Cara Membesarkan Ayam Bangkok, bukankah dengan perawatan sederhana tetap bisa? Tetap bisa, asalkan benar-benar dijalankan sesuai rencana awal. Dan disini, anda juga akan menemukan teknis cepat yang didasarkan pada pengalaman beberapa orang langkah jitu merawat dan membesarkan ayam bangkok meliputi perawatan anakn, pemberian pakan vitamin-kalsium serta mengkondisikan makanan supaya tidak terbuang sia-sia.

Cara Cepat Membesarkan Ayam Bangkok

  1. Induknya Satu Tingkatan

Misalnya begini, jika anda ingin membesarkan ayam bangko hingga ukuran 8, maka indukanya paling tidak memiliki ukuran 7. Begitu juga jika ingin ukuran 7, sebaiknya indukan minimal berukuran 6. Artinya, hasil akhirnya nanti, ayam bangkok akan satu tingkat lebih besar daripada indukanya atau biasa disebut pacek.

  1. Mencuri Start

Semasa kecil, anda baiknya pintar-pintar mencuri start. Caranya, ketika ayam bangkok memasuki usia 0-3 minggu langsung saja maksimalkan pertumbuhannya. Lakukan perawatan intensif dan waspadai status kesehatanya karena jika sekali sakit, itu akan berimbas pada waktu penyembuhan yang agak lama.

Jadi, bisa dibilang adanya pemulihan tesebut, dapat mengurangi pertumbuhan yang umumnya terbatas sampai 5,5 bulan. Adapun tips paling simpel adalah merawatnya di dalam kotak kardus, lengkap dengan segala peralatan pendukung seperti lampu, tempat makan, minum dan lain sebagainya.

  1. Pemberian Pakan Eksklusif

Teruskan dalam pemberian pakan pur murni, vitamin maupun vaksinasi secara bertahap, minimal hinga sudah berumur 2 bulan. Nantinya bulu-bulu di punggung dan leher ayam bangkok rontok sehingga munculah bulu rawis pejantan yang kuat. Kalo pun ingin lebih hemat, anda dapat melakukan pencampuran pur dengan dedak katul basah (perbandingan 4:1) setelah usia 2 bulan.

  1. Mengatur Keseimbangan Asupan

Tak bisa dipungkiri, bila meningkatkan nafsu makan, pemberian gizi lebih serta beberap vitamin atau vaksinasi memang dilakukan agar ayam bangkok cepat membesar. Namun jangan sampai kelewatan mengingat keseimbangan asupan patut diperhatikan.

Oleh karenanya, atur sedimikian rupa waktu-waktu pemberian supaya si ayam tidak saling berebut untuk memperoleh makanan. Apabila nafsu makanya sudah begitu tinggi, maka berikan saja asupan bergizi semisal pur maupun makanan berprotein buatan sendiri.

  1. Tunjang Asupan Kalsium

Pertumbuhan ayam bangkok yang besar, sudah barang tentu tidak terfokus pada membesarkan daging saja melainkan juga pertumbuhan tulang. Mungkin anda juga sependapat kalo daging badan bisa menyusut seiring berjalanya waktu serta masa-masa latihan dan abar.

Berbeda dengan tulang, karena semakin lama akan makin kuat, sehingga perlu pemberian calk (kalsium) lebih banyak agar ketika dewasa nanti, si ayam terlihat kuat.

Cara Membesarkan Ayam Bangkok diatas sudah cukup membuat ayam tumbuh besar. Disisi lain, masih ada tips satu lagi yakni pemberian ramuan tradisional atau herbal campuran (berbahan rempah-rempah)  sebagai campuran maupun cekokan secara berkala.

Terbukti meningkatkan daya tahan tubuh sampai dewasa sekaligus menghindari serangan penyakit sederhana (pilek) bahkan virus berbahaya.

Leave a Reply