Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Berkualitas

cara-memilih-indukan-ayam-bangkok-berkualitas

Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Berkualitas dapat dimulai dari asal usul indukan tersebut. Jika ingin hasil anakan yang bagus, pastinya harus berasal dari indukan kalangan juara. Dan apabila bukan berasal dari keturunan sang juara, maka salah satu teknik untuk mengetahuinya bisa lewat aduan (pertarungan).

Tapi hal itu jelas beresiko sehingga menyebabkan ayam bangkok anda terluka. Jadi, tips paling jitu sebagai solusi tepat adalah menyimak ciri-ciri umum berikut.

Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Berkualitas

Untuk masalah ini, sebagian masyarakat tidak selalu fokus pada satu indukan saja melainkan terhadap 2 indukan yakni ayam bangkok betina maupun yang jantan.

Nah, kemudian tahap pemilihan induk berkualitas itu seperti apa? Sebenarnya tidak sulit mengetahui atau membedakan calon indukan terbaik namun khusus anda para pemula, sebaiknya perhatikan ciri-ciri berikut.

  1. Calon Indukan Ayam Bangkok Jantan

Pertama-tama lihatlah bentuk kepala, harusnya seperti buah pinang, kemudian tulang kepalanya juga tebal dengan alis (menjorok keluar). Adapun tulang lehernya terasa rapat, begitu pula dengan kepakan sayapnya rapat ke badan.

Lalu, dari sisi paruhnya melengkung dan cukup panjang seperti paruh burung elang. Sedangkan badanya, paling tidak memiliki bentuk bulat kayak batang pinang berkombinasi postur tegap, kokoh  serta padat.

Masuk ke area kaki, nampak bersisik kering disamping jari-jari kaki yang halus memanjang. Beralih ke tulang ekor, terlihat rapat dan keras disamping bulu di bagian tersebut memanjang (ada lengkungan ke bawah). Disamping itu, bulu-bulu ayam bangkok jantan secara keseluruhan harusnya mengkilat dan kering.

  1. Calon Indukan Ayam Bangkok Betina

Secara garis besar ciri-ciri untuk indukan betina hampir sama namun ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan juga. Mulai dari mata, nampak menjorok ke dalam dan bersih. Sedangkan badannya, kalo berkualitas memiliki bentuk seperti botol atau batang pinang ketika dipegang.

Selanjutnya pada bagian kakinya, berkarakter kering dan panjang dengan jari-jemari terasa halus. Minimal, tulang sapit udangnya selebar 3-4 jari (tulang dibawah pangkal ekor). Jauh lebih bagus lagi bila terdapat taji sekaligus tidak pernah sakit dari usia anakan.

Selain Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Berkualitas diatas, pemenuhan kebutuhan nutrisi patut diperhitungkan karena termasuk modal awal untuk menghasilkan anakan tangguh maupun lincah. Sebagai catatan, tidak boleh sembarangan mengambil indukan ayam bangkok karena ada batas waktu tertentu.

Pertama, bagi induk jantan baru boleh diambil keturunannya setelah umur 1 tahun 6 bulan atau minimal usai mengalami pergantian bulu. Kedua, indukan betina bisa menjadi indukan sesudah melewati masa bertelur sebanyak tiga kali.

Pada intinya, semakin tua indukan hampir diyakini hasil peranakanya akan semakin bagus, namun sekali lagi itu semua tergantung pada perawatan masing-masing. Demikianlah informasi singkat yang semoga menambah wawasan anda para penggemar ayam bangkok untuk memulai beternak seefektif mungkin. Sekian, terima kasih.