Ciri-Ciri Ayam Bangkok

ciri-ciri-ayam-bangkok

Bagaimana sih mengenal Ciri-Ciri Ayam Bangkok asli, sementara anda masih pemula? Tenang saja, bahwa sebenarnya tidaklah sulit memilih jenis ayam ini dengan kualitas unggulan. Sebagai catatan, jangan mudah percaya terhadap peredaran sebagian besar ayam bangkok silangan dan kemudian dibilang penjualnya asli.

Inilah yang perlu diwaspadai, sehingga salah satu solusi terbaiknya adalah mengenal lebih dekat terhadap ciri-ciri fisik untuk dilihat secara langsung. Penasaran? Simak ulasanya berikut.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Asli

  1. Suara

Pada umumnya ayam bangkok asli jika berkokok akan mengeluarkan suara lantangnya dan melengkeing keras namun durasinya lebih pendek dibanding ayam jenis lainya. Coba anda bisa perhatikan sebagian besar ayam di Indonesia mampu berkokok cukup panjang dan memiliki kemerduan.

  1. Mata

Kalo dilihat sekilas, jenis ayam bangkok asli nampak jelas di bagian matanya bersinar putih bersih. Artinya tidak ada seperti gangguan bercak hitam, ada kotoran maupun bewarna kemerahan. Meski begitu, masalah tdi terkadang bisa saja muncul pada bangkon yang sedang mengalami penyakit tertentu.

  1. Bentuk Badan

Sudah seharusnya, bentuk bodi ayam bangkok asli pasti selalu tegap, atletis, gagah serta kuat saat berdiri. Berbeda dengan ayam-ayam lokal biasa yang pada umumnya agak sedikit membungkuk

  1. Gembel

Maksudnya disini, gembel tersebut adalah mirip dengan selebaran kain yang tertempel area tertentu pada kepala. Biasanya ditemukan tepat dibawah paruh dan ukurannya pun tidak terlalu panjang. Bahkan ada beberapa diantaranya tidak begitu kelihatan. Coba bedakanlah dengan ayam lokal biasa, mereka cenderung memiliki gembel dibawah paruh dengan ukuran lebih panjang hingga menggelambir.

  1. Jari Jemari

Bila anda melihat secara seksama, ciri-ciri ayam bangkok asli sudah barang tentu memiliki jari jemari cukup panjang dan semakin meruncing. Jauh berbeda dengan jenis ayam lokal biasa.

  1. Kaki

Khusus pada area sisik kaki, semua jenis ayam bangkok hampir mirip dengan duri dan terdiri dari 3 ruas utama. Namun ada juga ayam bangkok yang memiliki sampai 4 ruas karena pertumbuhan tak wajar (abnormal).

  1. Bulu

Jika anda pegang, ayam bangkok memiliki sifat bulu yang kering sedangkan ayam lokal biasa akan terasa lebih sedikit basah.

  1. Ekor

Selanjutnya bagian ekornya, pasti sudah pada tahu kan, kalo ekor ayam bangkok berukuran panjang serta bulu-bulu ujungnya berbentuk menekung ke bawah. Beda sekali dengan jenis ayam pada umumnya.

  1. Struktur Fisik

Anda akan merasakan perbedaaan ketika memegang ayam bangkok yang struktur fisiknya terasa begitu keras, berisi dan pada. Begitu pula dengan tulangnya akan terasa lebih besar ketimbang ayam jenis lainya.

  1. Mental Baja

Kalopun anda kurang percaya, maka tips terakhir ini bisa menjadi acuan. Jika termasuk ayam bangkok asli maka akan mampu berlaga dan pantang menyerah sampai titik darah penghabisan.

Begitulah informasi secara detail terkait Ciri-Ciri Ayam Bangkok asli yang patut diperhatikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjunganya.