Indukan Betina Berkualitas Ayam Bangkok

indukan-betina-berkualitas-ayam-bangkok

Kunci sukses untuk memperoleh anakan calon juara adalah melihat beberapa ciri Indukan Betina Berkualitas Ayam Bangkok. Dan supaya nanti anda tak salah memilih, sebaiknya perhatikan syarat-syarat mutlak berikut ini mulai dari bentuk fisik sampai silsilah atau asal usul ayam tersebut.

Dari semua kumpulan sumber-sumber terkait, diambil 8 pokok utama yang banyak digunakan breeder-breder terkenal dalam menyeleksi dan memilih babon untuk dijadikan indukan.

Ciri Utama Indukan Betina Berkualitas Ayam Bangkok

  1. Bentuk Kepala

Sebagai indukan, ayam bangkok betina yang berkuliatas seharusnya memiliki bentuk kepala mirip ular. Dengan begitu, diyakini mampu menghasilkan anak ayam jauh lebih baik bahkan mampu bergerak lincah.

Alasanya sudah jelas bahwa kepala tersebut mendukung proses breeding yang artinya mampu menghindari pukulan-pukulan telak dari lawanya saat menjadi ayam petarung. Apalagi jika dikawinkan dengan ayam bangkok jantan berkepala mirip buah pinang.

  1. Bentuk Badan

Umumnya jika ingin anaknya ikut berkualitas, pilih indukan ayam dengan bentuk badan menyerupai botol. Caranya, anda bisa rasakan dengan memegang calon indukan di bagian dada dan peruh ayam dari bawah sambil diangkat. Bila terasa nyaman, itu artinya baik untuk dijadikan indukan dan bila kurang oke, pilih saja ayam bangkok betina lainya.

  1. Bentuk Mata

Harusnya bentuk mata ayam menjorok kedalam yang menandakan punya sifat keibuan. Jadi indukan ayam bangkon ini akan mampu merawat anaknya hingga tumbuh besar. Selain itu, bentuk mata cekung juga memiliki tingkat keberhasillan tinggi pada prosesnya. Makanya, jangan mengabaikan ciri tersebut. Disisi lain, pilihlah yang benar-benar bersih baik itu dari segi matanya maupun kelopaknya karena menunjukkan jika si ayam terbebas dari gangguan penyakit.

  1. Tulang sapit

Selanjutnya berkaitan dengan tulang sapit. Sudah pada tahu kan, tulang dibawah pangkal ekor ini sebaiknya memiliki lebar sekitar 3-4 jari untuk indukan ayam betina. Tentu saja alasanya agar menghasilkan anak ayam berkelas.

  1. Bentuk Kaki

Menurut ilmu katuranggan, bentuk dan wujud kaki ternyata tergolong dalam pertimbangan utama saat memilih ayam aduan. Begitu pula berlaku pada indukan ayam bangkok betina. Jenis kaki bersisik kering dan berjari panjang, biasanya dipilih sebagai syarat demi menghasilkan anakan calon juara karena nantinya memiliki pukulan mematikan.

  1. Taji

Pernah mendengar soal taji/jalu? Ada jenis ayam betina yang berjalu. Meski pada kenyataanya tidaklah terlalu penting untuk pertimbangan indukan namun memilih dengan atau tanpa jalu hasilnya diprediksi hampir sama.

  1. Bulu

Jangan lupa bahwa bulu termasuk bagian dari indikator kesehatan dunia unggas. Jadi, bila ingn mendapatkan indukan ayam betina berkualitas, maka pilihlah bulu yang mengkilat, bersih karena menjadi tanda ketahanan fisik. Sebaliknya, jika indukan saja sudah kusam atau kotor, tentu calon anakanya tidak jauh dari karakter induknya.

  1. Silsilah

Point terakhir ini menurut sebagain besar masyarakat sangatlah penting. Cobalah anda perhatikan silsilah Indukan Betina Berkualitas Ayam Bangkok yang ingin dijadikan indukan babon dengan mengetahui silsilahnya. Ketimbang tidak jelas asal-usulnya sehingga apabila dikawinkan justru dimungkinkan kualitas anakan jauh dari harapan.

Leave a Reply