Jenis Pakan Ayam Bangkok

jenis-pakan-ayam-bangkok

Pakan menjadi faktor penentu terhadap tingkat pertumbuhan dan kesehatan ayam bangkok. Oleh karenanya, pemberian Jenis Pakan Ayam Bangkok patut diperhatikan mulai dari jadwal pemberian maupun kandungan gizinya.

Dan terkait hal tersebut, ada sedikitnya 7 macam yang harus anda ketahui agar masa perkembangan si ayam benar-benar berkuliatas bahkan mampu juara di kelasnya.

Jenis Pakan Ayam Bangkok

  1. Karbohidrat

Sudah barang tentu yang namanya karbohidrat akan selalu dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, begitupun dengan ayam bangkok. Jenis pakan ini merupakan sumber energi utama supaya tetap kuat dan mampu bertahan ketika bertarung hingga ronde-ronde akhir. Untuk mencukupinya, bisa disediakan makanan pokok berupa beras merah, jagung pipil atau gabah.

  1. Protein

Protein memiliki fungsi sebagai zat pembangun tubuh. Dengan meningkatkan protein pada anakan ayam bangkok, jauh lebih baik ketika nantinya dipersiapkan sebagai ayam aduan.  Sebagai catatam pemberian protein utamanya di masa pertumbuhan yakni 0-5 bulan.

Umumnya, para pemilik ayam bangkok menambahkan sejenis cincangan daging pada pakan demi memenuhi kebutuhan protein.  Disisi lain, boleh juga melengkapinya dengan kuning telur untuk pelengkap akhir.

  1. Lemak

Hampir sama manfaatnya dengan protein, lemak  memang sangat dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan dan penggemukan ayam bangkok. Namun tidak disarankan pemberian terlalu banyak pada jenis ayam aduan, kenapa?

Karena dikhawatirkan justru memperberat tubuh sehingga mudah lelah, tidak singset, langsing dan padat. Padahal, anda tahu sendiri kan kalo ayam bangkok aduan harusnya berbadan standar, tidak boleh terlalu gemuk dan kurus. Jadi berikan lemak secukupnya saja.

  1. Hijauan

Termasuk jenis pakan tambahan agar memperlancar pencernaan si ayam. Bisa diberikan terutama di usia 2 bulanan. Adapun macamnya seperti kangkung, kacang hijau, kecambah dan daun pisang muda. Lebih bagus lagi, jika hijauan tersebut mengandung air dan tidak memberikan efek racun bagi ayam bangkok.

  1. Grit

Grit ini juga digolongkan sebagai jenis pakan untuk memperlancar pencernaan namun terfokus pada area organ temboloknya. Sedangkan perbedaan mencolok dengan hijauan adalah terdiri dari kulit kerang atau cangkang bekicot.

Nah yang perlu diingat, makanan tersebut sebaiknya dihaluskan dahulu kemudian dicampur dengan pakan lain dan diberikan pada anakan ayam berumur >3 bulan. Jadi, pemberian dibawah umur 3 bulan sangat dilarang karena dapat melukai sistem pencernaan.

  1. Vitamin dan Mineral

Keduanya memiliki peranan penting dalam hal kekebalan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jangan melupakan pemberian vitamin dan mineral sewaktu masa pertumbuhan si ayam bangkok.

  1. Air

Selain Jenis Pakan Ayam Bangkok diatas, ketersediaan air tidak boleh diabaikan karena berperan sebagai pelarut dalam proses metabolisme, mengatur suhu badan serta kerja enzim di organ tertentu.. Coba anda bayangkan bila mengkonsumsi suatu makanan tanpa meminum air? Pasti seret kan. Hal ini juga berlaku terhadap kebutuhan air bagi si ayam guna memperlancar semua proses pencernaan di pada tubuh.

Leave a Reply