Perbedaan Ayam Bangkok Dengan Ayam Lain Pada Umumnya

perbedaan-ayam-bangkok-dengan-ayam-lain-pada-umumnya

Perbedaan Ayam Bangkok Dengan Ayam Lain  – Bicara soal ayam bangkok sepertinya tidak akan tuntas kalo dibahas secara singkat. Oleh karenanya perlu pengetahuan lebih dalam jika anda ingin belajar karakter dari jenis ayam tersebut.

Apalagi dengan maraknya ayam-ayam petarung, ternyata ayam bangkok menjadi pilihan utama untuk masalah ini mengingat mentalnya memang sekuat baja bahkan ketika bertarung pun tidak pernah menghiraukan lawan hingga titik darah penghabisan.

Nah, khusus anda yang berniat ingin memiliki ayam ini sebaiknya pelajari hal mendasar terkait beberapa perbedaan terhadap jenis ayam lainya. Kenapa penting sekali? Karena di era modern sekarang, banyak hal bisa terjadi mulai dari perkawinan silang, ayam bangkok palsu dan sebagainya. Oleh karenanya, memahami secara betul pembedanya bukanlah perkara sulit mengingat langkah ini juga demi kepentingan anda sendiri.

Perbedaan Ayam Bangkok Dengan Ayam Lain

  1. Kepala

Mulai dari kepalanya, ada perbedaan cukup signifikan jika anda melihat kepala ayam bangkok. Bentuknya jauh lebih besar dan nampak seperti jambi. Itulah kenapa memiliki karakter cerdas di dalam pertarungan disamping juga punya keberanian. Lain halnya dengan ayam-ayam lokal biasa dimana bentuknya kecil kemudian lonjong seperti telur ayam kampung.

  1. Paruh

Berikutnya, pada bagian paruhnya bisa terlihat jelas kalo antara bentuk atas dan bawahnya terlihat berbeda meski ukuranya hampir sama. Ayam bangkok pada umumnya memiliki paruh atas lebih panjang dan gemuk, sedangkan paruh bawahnya agak panjang dan gemuk pula. Bandingkan dengan ayam lokal jawa, baik bentuk paruh atas maupun bawah hampir pasti selalu pendek disamping ada yang berukuran gemuk dan kurus.

  1. Jengger ayam

Biasanya ayam bangkok selalu terdiri dari 2 jengger yakni jengger atas dan bawah. Khusus pada jengger atas, ciri paling utamanya, memiliki ukuran tidak terlalu tinggi dan seringnya bergaris tigan atau sigar jambi. Sementara itu, jengger bawahnya tidak begitu keliatan meski ada.

Ukuranya sendiri juga tidak panjang. Berbeda sekali dengan jenis ayam lainya yang tak jarang bentuknya mirip seperti anak punk rock jalanan dan ukurannya panjang bahkan bergelantungan.

  1. Leher

Masuk ke bagian lehernya, ayam bangkok punya leher lebih panjang dan berotot. Bedanya dengan ayam lokal atau ayam jawa, mereka cenderung berkarakter leher pendek dan tidak terlalu berotot.

  1. Bahu

Adapun untuk bahu ayam bangkok, sudah sangat jelas  bahwa ukurangnya cukup besar, disamping dadanya terlihat lebar. Lain lagi kalo ayam – ayam biasa, mereka memiliki bahu berukuran kecil dan terasa tipis.

  1. Tubuh

Ayam bangkok memiliki tubuh lebih berisi layaknya orang yang melakukan fitness setiap hari. Disisi lain, jenis ayam lokal atau jawa bentuk badanya tidaklah besar dan tak terlalu berotot.

  1. Kaki

Perbedaan Ayam Bangkok Dengan Ayam Lain yang terakhir adalah dilihat dari kakinya. Ayam bangkok biasanya memiliki kaki berukuran besar, panjang, padat dan gemol sehingga tangguh serta lincah ketika berada di pertarungan. Kalo ayam lokal atau sejenisnya, barangkali anda pun sudah tahu jika bentuk kaki lebih pendek, kurang berisi bahkan nyalinya ciut saat bertarung.

Leave a Reply